Sebelumnya kita sudah mempelajari memasukkan suara dan menghentikan suara, selanjutnya kita akan mempelajari bagaimana membuat suara dapat berhenti apabila tombol pause ditekan dan memainkannya kembali apabila tombol play ditekan. Biasanya kami menggunakan suara rel kereta api seperti pada tutorial sound slider tetapi agar para pembaca tidak kaget kami menggunakan musik loop dalam tutorial ini
1. Buatlah sebuah flash document.
2. Buatlah sebuah objek seperti gambar di bawah ini :3. Seleksi objek tersebut dan tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan pause_btn sebagai name dan button sebagai type lalu tekan ok.
4. Seleksi button pause_btn di stage kemudian tekan Ctrl+F3. Pada panel properties yang muncul masukkan pause_btn di dalam kotak instance name.
5. Buatlah objek seperti gambar di bawah ini :
6. Seleksi objek tersebut dan tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan play_btn sebagai name dan button sebagai type lalu tekan ok.
7. Seleksi button pause_btn di stage kemudian tekan Ctrl+F3. Pada panel properties yang muncul masukkan play_btn di dalam kotak instance name.
8. Tekan Ctrl+R, pada panel yang muncul cari suara yang diinginkan kemudian tekan open.
9. Tekan Ctrl+L, pada panel library yang muncul klik kanan suara yang baru di import kemudian pilih Linkage. Pada panel yang muncul berikan tanda contreng pada Export for ActionScript dan masukkan musik di dalam kotak identifier lalu tekan ok.
10. Klik frame 1 dan tekan F9. Pada panel actions yang muncul masukkan script berikut :
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 | //membuat variable bernama Pause dengan nilai false Pause = false; //membuat fungsi bernama mainkanMusik function mainkanMusik() { //membuat variable musik sebagai sound object musik = new Sound(); //masukkan suara berlinkage bgm dari panel library ke dalam variable musik musik.attachSound("bgm"); //mainkan suara di dalam variable musik sebanyak 999 kali musik.start(0, 999); } //jika tombol pause_btn ditekan pause_btn.onPress = function() { //membuat variable posisi dengan nilai pembualatan ke bawah dari posisi terakhir suara pada variable musik yang dibagi 1000 posisi = Math.floor(musik.position/1000); //hentikan suara pada variable musik musik.stop(); //ubah nilai variable Pause menjadi true Pause = true; }; //jika tombol play_btn ditekan play_btn.onPress = function() { //jika variable Pause bernilai true if (Pause) { //mainkan suara di dalam variable musik sesuai nilai variable posisi sebanyak 1 kali musik.start(posisi, 1); //ubah nilai variable Pause menjadi false Pause = false; } //jika suara di dalam variable musik selesai dimainkan musik.onSoundComplete = function() { //jalankan fungsi mainkanMusik mainkanMusik(); }; }; //menjalankan fungsi mainkanMusik ketika swf pertama kali dijalankan mainkanMusik(); |
Sourcenya dapat di download disini
Aturan dan Kebijakan di Trik Komputer
- Semua Konten di Trik Komputer bertujuan sebagai media pendidikan dan pembelajaran, oleh karena itu dimohon tidak menyalahgunakan informasi dan pengetahuan yang diperoleh untuk hal - hal yang merugikan diri sendiri maupun orang lain
- Kami melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa informasi di Trik Komputer tersaji seakurat dan sebaik mungkin.
0 komentar:
Posting Komentar