English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 07 Maret 2012

Membuat Soal Essay

Salah satu hal menyenangkan di Flash adalah kita dapat membuat kuis. Dimana kita dapat membuat pertanyaan beserta jawabannya sesuai keinginan kita. Kuis juga sering digunakan pada pembelajaran interaktif yang berfungsi sebagai soal latihan. Kali ini kita akan membuat kuis tentang soal essay. Tutorial di bawah ini adalah tutorial yang masih dalam bentuk sederhana.
Membuat Pertanyaan dan kotak jawaban
1. Buatlah 5 daftar pertanyaan dan tulis masing-masing pertanyaan pada sebuah Static Text
2. Buatlah 5 buah Input Text dengan masing-masing Var diberi jawaban_user1, jawaban_user2, jawaban_user3, jawaban_user4, jawaban_user5 pada panel properties (tekan Ctrl+F3 unruk memunculkannya).
3. Dan juga ubah nilai Maximum characters pada masing-masing Input Text menjadi 20
Gambar letak Var dan Maximum characters
Membuat tanda benar (centang) dan salah (silang)
4. Pastikan anda tidak menyeleksi objek di stage lalu tekan Ctrl+F8, berikan benar_salah pada Name dan pilih Movie clip sebagai Typenya lalu tekan OK.
5. Anda akan masuk kedalam stage Movie clip benar_salah. Seleksi Frame 2 dan 3 lalu tekan F7. Klik Frame 1 dan tekan F9, berikan script dibawah ini pada kotak dialog yang muncul. Lakukan hal yang sama pada frame 2 dan 3
1
stop();
6. Klik Frame 2 gambarlah tanda centang di dalamnya
7. Klik Frame 3 gambarlah tanda silang didalamnya. Jika sudah tekan Ctrl+E maka anda akan kembali ke Stage Scene 1
8. Buka panel Library dengan menekan F11, drag Movie clip benar_salah ke stage.
9. Klik Movie clip benar_salah yang sudah berada di stage lalu tekan Ctrl+D sebanyak 4 kali maka Movie clip benar_salah akan menjadi 5 buah.
10. Berikan tanda1, tanda2, tanda3, tanda4, tanda5 pada masing-masing Instance Name Movie clip benar_salah.
Membuat nilai serta tombol koreksi dan reset
11. Buatlah 3 buah Static Text dan beri tulisan Nilai: , / , 5
12. Buatlah sebuah Dynamic Text dan beri Var : nilai
13. Buatlah sebuah button dengan tulisan koreksi di bagian dalam tombol. Dan juga berikan koreksi sebagai Instance Name-nya. Seleksi button tersebut lau tekan F9 dan masukkan script berikut:
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
//ketika tekanan mouse dilepaskan setelah mouse ditekan
on (release) {
 //menghasilkan variable i=1, i=2, i=3, i=4, i=5
 for (i=1; i<6; i++) {
  //jika jawaban_user+i sama dengan jawaban_asli+i
  if (_root["jawaban_user"+i] == _root["jawaban_asli"+i]) {
   //nilai ditambah 1
   nilai += 1;
   //tanda+i pindah ke frame 2
   _root["tanda"+i].gotoAndStop(2);
  } else {
   //tanda+i pindah ke frame 3
   _root["tanda"+i].gotoAndStop(3);
  }
 }
 //tombol koreksi tidak bisa ditekan
 koreksi.enabled = false;
 //tombol koreksi lebih transparan
 koreksi._alpha = 40;
}
14. Buatlah sebuah button dengan tulisan reset dibagian dalam tombol. Seleksi button tersebut lau tekan F9 dan masukkan script berikut:
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
//ketika tekanan mouse dilepaskan setelah mouse ditekan
on (release) {
 //tombol koreksi dapat ditekan
 koreksi.enabled = true;
 //warna tombol koreksi tidak transparan
 koreksi._alpha = 100;
 //nilai diubah menjadi 0
 nilai = 0;
 //menghasilkan variable i=1, i=2, i=3, i=4, i=5
 for (i=1; i<6; i++) {
  //jawaban_user+i dikosongkan
  _root["jawaban_user"+i] = "";
  //tanda+i pindah ke frame 1
  _root["tanda"+i].gotoAndStop(1);
 }
}
15. Klik frame 1 lalu tekan F9 dan masukan script berikut :
1
2
3
4
5
6
7
8
//daftar jawaban sebenarnya
jawaban_asli1 = "trik-komputer-online";
jawaban_asli2 = "zebra";
jawaban_asli3 = "keyboard";
jawaban_asli4 = "merah";
jawaban_asli5 = "mata";
//nilai pertama kali sama dengan 0
nilai = 0;
16. Atur letak objek-objek tadi seperti gambar di bawah ini :
Gambar peletakan
17. Tekan Ctrl+Enter untuk mengetesnya

Ada kelemahan dari soal essay yang kita buat di atas. Kelemahannya adalah pengguna harus memberikan jawaban yang tepat tidak boleh beda. Sekalipun jawaban pengguna benar namun jika penulisannya (besar kecil huruf) salah maka akan dinyatakan salah.

Sourcenya dapat di download disini




 Aturan dan Kebijakan di Trik Komputer
  • Semua Konten di Trik Komputer bertujuan sebagai media pendidikan dan pembelajaran, oleh karena itu dimohon tidak menyalahgunakan informasi dan pengetahuan yang diperoleh untuk hal - hal yang merugikan diri sendiri maupun orang lain
  • Kami melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa informasi di Trik Komputer tersaji seakurat dan sebaik mungkin.
 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More